Tips Belajar Pemrograman Dasar

by: Dewabrata | JuaraCoding

Terakhir diperbaharui 01-10-2021

Untuk bisa menjadi programmer dalam waktu singkat, Anda tak hanya dituntut membaca dan memahami materi pemrograman dasar. Namun ada banyak tips belajar yang perlu Anda perhatikan dan lakukan dengan baik.

Langsung saja simak beberapa tips belajar pemrograman dasar berikut:

1. Menentukan Bahasa Pemrograman

Dari waktu ke waktu, jumlah bahasa pemrograman yang digunakan programmer untuk menghasilkan sebuah program atau software semakin bertambah saja. Bahkan saat ini sudah ada puluhan bahasa pemrograman.

Namun banyaknya jumlah tersebut tak menjadikan Anda wajib mempelajarinya secara keseluruhan.

Justru Anda lebih dituntut untuk memilih satu atau beberapa bahasa pemrograman yang ingin dipelajari secara mendetail.

Anda bisa memulainya dari bahasa pemrograman paling sederhana dan mudah untuk dipraktikkan. Selain itu, Anda juga bisa belajar beberapa bahasa pemrograman yang populer, seperti Java, HTML/CSS, dan lain sebagainya.

2. Memilih Website

Salah satu kunci untuk bisa menjadi programmer handal dalam waktu cepat adalah memilih website yang menyediakan library dan tutorial lengkap.

Pemilihan website yang tepat akan sangat menentukan ilmu dan kemampuan yang Anda dapatkan.

Sebab tak sedikit website yang menyediakan modul dan tutorial kurang lengkap. Alhasil Anda pun harus mencari sumber lain agar ilmu yang didapatkan bisa memenuhi standar kebutuhan dunia kerja.

3. Buat Jadwal Secara Teratur

Sebuah kegaiatan yang Anda lakukan setiap hari akan membentuk kebiasaan yang membuat Anda “merasa kurang” jika belum melakukannya. Efek inilah yang membuat Anda harus menyusun jadwal belajar pemrograman secara teratur.

Buat diri Anda terbiasa dengan belajar, meski hanya 1-2 jam per hari. Semakin Anda terbiasa dengan kegiatan belajar, maka Anda akan merasa lebih enjoy dan ilmu pun akan lebih mudah diserap.

Selain itu, dengan membuat jadwal belajar secara teratur Anda bisa menargetkan modul yang ingin dipelajari setiap harinya.

Waktu belajar ini sebaiknya dipisah dengan waktu praktik, sehingga pikiran Anda akan lebih fokus dengan materi-materi pemrograman dasar.

4. Perbanyak Praktik

Selain menyisihkan waktu khsusu untuk belajar, Anda juga harus memiliki waktu khusus untuk praktik. Cobalah praktikkan setiap ilmu pemrograman yang sudah Anda pelajari secara mendetail.

Lakukan praktik berulang kali dan terjadwal. Jika Anda masih merasa kesulitan melakukan praktik mandiri, Anda bisa mulai praktik dengan mengikuti tutorial dari website seperti Pintaar.

5. Jangan Copy-Paste

Satu kesalahan yang akan membuat Anda lambat berkembang adalah membiasakan diri copy-paste. Walaupun hasil praktik yang didapatkan terkesan menakjubkan, namun jika ini didapatkan dari copy-paste, maka bisa dikatakan Anda belum mendapatkan ilmu apapun.

Jadi, tips belajar pemrograman dasar yang sangat ditekankan disini adalah untuk tidak copy-paste. Beranikan diri Anda untuk mengembangkan kreativitas, sebab dari sinilah Anda bisa lebih maju.


6. Coba Perbaiki Sendiri

Saat pertama kali melakukan praktik, kesalahan atau error adalah hal yang sangat wajar. Tak perlu berkecil hati atau putus asa. Justru dari kesalahan/error inilah Anda bisa belajar lebih banyak dengan mencoba memperbaiki sendiri kesalahan yang telah dibuat.

Usahakan untuk mengerahkan kemampuan Anda semaksimal mungkin agar bisa memperbaiki error sendiri. Jika sudah tak mampu, Anda bisa mencari solusi dengan bertanya pada orang lain.

Langsung saja simak beberapa tips belajar pemrograman dasar berikut: